-->
Informasi BMKG Tsunami Terjadi Setelah 24 Menit Longsor Gunung Anak Krakatau

Informasi BMKG Tsunami Terjadi Setelah 24 Menit Longsor Gunung Anak Krakatau



Erupsi yang menyebabkan longsor di Gunung Anak Krakatau menjadi salah satu pemicu terjadinya tsunami di Selat Sunda. Erupsi terpantau terjadi sekitar pada pukul 21.03 WIB. "ungkap Dwikorita Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


Informasi BMKG Tsunami Terjadi Setelah 24 Menit Longsor Gunung Anak Krakatau


Dwikorita juga mengungkapkan ada tremor yang khas mengindikasikan tremor adalah gempa vulkanik. Tsunami ini sangat erat kaitannya sebagai dampak lanjut tak langsung dari erupsi Anak Gunung Krakatau.

Dalam pantauan citra satelit, luas area longsor akibat erupsinya Gunung Anak Krakatau mencapai sekitar 64 hektare. Longsor itulah yang menyebabkan gelombang air di sekitar gunung naik dan menimbulkan tsunami. Sehingga dalam waktu 24 menit kemudian, tsunami mencapai pantai Banten dan Lampung.

Dwikorita mengatakan ada tsunami pukul 21.27 WIB, kemudian setelah 24 menit  terjadinya longsor dengan ketinggian saat ini masih 0,9 meter dan terpantau di empat titik yaitu di Banten, Serang, dan Bandar Lampung.

Namun Dwikorita mengakui sensor-sensor tektonik BMKG tak dapat memantau karena peristiwa erupsi dan longsor di kawasan Gunung Anak Krakatau yang terjadi merupakan gempa vulkanik. Apabila yang terjadi adalah gempa tektonik, maka BMKG dapat memberikan peringatan dini tsunami maksimal 5 menit setelah terjadinya gempa.

Peristiwa yang terjadi kemarin bukanlah gempa tektonik, melainkan  itu gempa vulkanik sehingga kami tak mempunyai akses. Data tak ada di BMKG, ada di kantor lain sehingga itulah kami konferensi pers mengajak Kepala Badan Geologi (Kementerian ESDM) karena mereka mempunyai otoritas dan sudah terkonfirmasi," ucap  Dwikorita.

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Safe Link Converter

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc!
Made your link safe to visit.

How to use our tool:

  1. Click on How To Use menu above.
  2. Click on the code and CTRL + C on your keyboard.
  3. Paste the code in your HTML blog theme before the </body>.
  4. Save your HTML blog theme. you are done!
  5. Now, your blog's outbound links was encrypted!

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Your link show here

Advertise

KODE IKLAN DISINI

Baca juga:

This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar
close