Serba Serbi Kredit Motor Tips cerdas dalam memilih

Serba Serbi Kredit Motor Tips cerdas dalam memilih

Kredit Motor Murah selalu bikin nafsu ingin memiliki Alhasil, banyak banget yang memutuskan kredit motor semudah beli kacang goreng. Ujung-ujungnya duit yang dikeluarkan jadi jauh membengkak daripada yang semestinya.

Emang sih, yang namanya kredit ada bunga yang mengikut. Otomatis harganya gak akan semurah tunai. Mau menghindari bunga, yaaah susah juga. Gak semua orang mampu beli secara tunai ya enggak? Terus apa yang bisa dilakukan? Ane sih yakin, teliti dan tidak terburu-buru mengambil keputusan adalah kuncinya. Berikut adalah beberapa hal yang kudu, wajib mesti kalian perhatikan disaat ingin kredit motor.

#1 Lihat Besaran Bunga, Jangan Besar Cicilannya Aja.. bagaimana pun kredit + bunga adalah satu kesatuan yang mentotal jumlah angsuran, kadang mereka cuma mencantumkan besar angsuran aja, tanpa menyebut besar bunga. Ini modus leasing memikat pembeli. jadi, kalian catat baik-baik: 

a. Tanya ke pihak sales berapa besar bunga yang dikutip.Jelas, biasanya semakin panjang tenor pembayaran, bunga juga ikutan membengkak.

b. Rata-rata perusahaan leasing mengutip 1,5-4% sebulan untuk bunga. Kalau lebih dari itu, ngutip Krisdayanti aja. “I’m sorry goodbye.” Kadang Cicilan Kredit Motor yang Terlihat Murah Itu Menipu...Jangan Mudah Tergiur! I’m Sorry Goodbye, Bunga Lu Kegedean (Krisdayanti I’m Sorry Goodbye)

c. Bandingkan dulu bunga yang ditawarkan dengan perusahaan leasing lain. Jangan bandingkan besar cicilan. Intinya besar cicilan gak bisa dijadikan acuan Itungan matematika gak bisa diganggu gugat, makin besar bunga, ya makin besar total utang kalian

#2 Oke Menurut Si Agen, Besar Bunga Sekian…Cicilannya Sesuai tidak? Kadang Cicilan Kredit Motor yang Terlihat Murah Itu Menipu...Jangan Mudah Tergiur! Bukannya mau nuduh si sales tukang bohong ya. Bisa aja juga dia salah hitung. Apapun alasannya, better be safe than sorry kan? Alias buat jaga-jaga mendingan kalian itung sendiri deh. Penting! Selain tanya besaran bunga, tanya juga bunganya fixed atau floating (ngambang) Bunga fixed yaa, tetap selama masa cicilan. Sementara bunga floating sifatnya mengambang mengikuti naik-turunnya suku bunga dasar kredit. Sooo, jumlah cicilannya pun gak bisa dipastikan. (Bagi yang masih bingung soal hitung bungah silakan intip thread: Jangan Nyicil Aja, Kenalan Dulu dengan Cara Hitung Bunga! 

#3 Tanya ke Leasing: Sumber Dana Sendiri atau Kucuran Bank? Kadang Cicilan Kredit Motor yang Terlihat Murah Itu Menipu...Jangan Mudah Tergiur! Bukan mau kepo yee, tapi hal ini penting! Faktanya, ada sejumlah leasing yang memakai dana dari pihak bank, bukan dana sendiri. Jadi mereka bisa dibilang semacam comblangnya gan. Konsekuensinya: kemungkinan bunga yang diterapkan lebih besar daripada leasing yang memakai dana sendiri. 

#4 Namanya Kredit, Pasti Ada Biaya-Biaya yang Ngintil. Diitung Juga Yee Kadang Cicilan Kredit Motor yang Terlihat Murah Itu Menipu...Jangan Mudah Tergiur! Toilet umum aja kudu bayar. Kredit juga ada biayanya. Perusahaan leasing berbisnis, ya gak mau rugi lah. Mesti bayar orang, bayar ini-itu..iya gak? Yang utama, tanyakan dulu biaya-biaya yang mesti dibayarkan untuk pembayaran pertama (DP+angsuran pertama+biaya-biaya ini). 
Biasanya biaya yang dikutip meliputi: Biaya administrasi Biaya pengurusan kredit/provisi Biaya fidusia… Oyee yang belum tahu soal fidusia tanya mbah google, Grin Premi asuransi. Kalo kredit biasanya wajib ikutan asuransi. Jangan lupa tanya manfaatnya berapa sekalian ya.
Bayar premi asuransi itu sangat membantu, asal kalian tau bener manfaat dan ketentuannya. Karenanya, pastikan leasing yang kalian pilih menawarkan manfaat asuransi yang memadai untuk kebutuhan kalian.

Tips Penting

  1. pastikan motor yang kalian sukai dan sesuaikan dengan kemampuan budget banyak sekali motor-motor keluaran baru belakangan ini...dari yang hanya ganti nama, ganti baju, ganti mesin dan juga ganti harga...ada model matik, bebek dan juga sport ..tentukan pilihan sesuai selera...tapi ingat harus sesuaikan dengan budget 
  2. Datangi dealer motor tersebut ada baiknya jika sudah menentukan motor-motor pilihan agar datang ke dealer untuk sekedar bertanya, melihat langsung dan jika bisa test ride. Jadi sebelum membeli, kalian-kalian bisa merasakan kualitas motor itu. 13 tips cerdas dalam mengambil kredit motor [Serba 13] 
  3. Apakah motor tersebut ready stock?? terkadang jika kalian sudah menyukai satu motor, kalian mendapat kendala dengan proses indent. Sebisa mungkin cari motor yang ready stok agar bisa dengan cepat digunakan. Jika motor ready stock maka kalian akan lebih cepat dalam memperoleh STNK. Lamanya mendapatkan STNK setelah motor diantar kerumah berkisar 2 minggu, jika harus indent anggaplah 2 minggu lamanya. Berarti bisa dibayangkan berapa lama kalian akan mendapatkan STNK nya. Tapi jika memang kalian mau dengan motor yang tidak ready stock, silahkan..tapi harus bisa kalian pastikan dengan pihak dealer brapa lama pastinya lama indent. 
  4. Tentukan lembaga pembiayaan yang berkualitas setelah kalian menetapkan akan membeli sebuah motor yang benar2 diminati dengan cara kredit, maka kalian-kalian harus menentukan mana lembaga pembiayaan yang terbaik. 
  5. Pastikan cara memperoleh fasilitas kredit mudah dan murah setiap lembaga pembiayaan memiliki prosedur yang berbeda, soo jangan pernah samakan peraturan antara lembaga pembiayaan yang satu dengan yang lainnya. Apa saja dokumen yang dibutuhkan? Dokumen yang umum dibutuhkan KTP, KK, slip gaji, copy buku tabungan, copy rekening listrik PLN PBB, dll; Berapa besar rate bunga? Ini bisa kalian bicarakan dengan marketing leasing Bisakah saya mendapatkan diskon DP yang seharusnya saya dapatkan? Setiap dealer pasti memberi diskon pada tiap motornya dan besarnya berbeda-beda. Soo cari tau mana dealer yang bisa memberi diskon paling besar lalu bicarakan dengan marketing leasingnya untuk mengambil motor dari dealer yang kalian tunjuk; Satu hal yang paling penting lagi yaitu semakin banyak tenor maka semakin besar keuntungan yang didapat perusahaan pembiayaan dan kalian akan semakin banyak mengeluarkan uang untuk melunasi motor itu 
  6. fasilitas apa saja yang diberikan oleh lembaga pembiayaan tersebut jangan langsung tergiur dengan hadiah-hadiah yang diberikan, piring cantik, kipas angin, payung cantik, ricecooker. Tapi kalian harus perhatikan fasilitas yang paling penting yang bisa kalian pelajari dari point 7 sampai 11 
  7. carilah lembaga pembiayaan yang memiliki banyak kemudahan dalam cara pembayarannya banyak cara pembayaran yang diberikan oleh suatu lembaga pembiayaan. Carilah yang bekerja sama dengan banyak BANK yang ada di indonesia, jadi jika kalian tidak bisa membayar langsung ke kantor cabang lembga pembiayaan tersebut kalian bisa melakukan pembayaran dari fasilitas BANK yang kalian gunakan seperti pembayaran lewat ATM, SMS Banking, Internet Banking, dll. 
  8. bagaimana dengan keamanan BPKB yang di agunkan??? disini yang membedakan, ada lembaga pembiayaan yang BPKB agunan milik konsumen diagunkan kembali untuk mendapatkan dana segar, ada juga BPKB di simpan dengan aman dan baik di tiap cabangnya, ada juga lembaga pembiayaan yang menempatkan BPKB agunan di lembaga-lembaga yang menyediakan fasilitas penyimpanan dokumen penting. 13 tips cerdas dalam mengambil kredit motor [Serba 13] 
  9. pelajari perhitungan denda keterlambatannya Pastinya kalian juga tidak mau mengalami keterlambatan dalam permbayaran. Tetapi ada suatu ketika kalian dihadapkan dengan suatu kondisi dimana kalian tidak bisa membayar angsuran dengan tepat waktu. Jadi supaya tidak merasa tertipu ato dipermainkan, maka sebaiknya pelajari masalah perhitungan besar denda emoticon-Cape d... 
  10. tanyakan apa asuransinya Maskapai asuransinya apa, Apa saja yang tercover oleh asuransi dan apa saja yang tidak. Berapa lama proses klaim asuransi. Dan dalam bentuk apa pengembalian asuransinya. Ini jangan sampai kalian sepelekan. kalian juga ga mau kan rugi sudah membayar DP yang besar dan angsuran yang besar tetapi hasil pengembalian asuransinya mengecewakan. 
  11. bagaimana dengan sistem pelunasannya? Kapan bisa mendapatkan BPKB? Wajarnya cara pelunasan adalah kalian membayar angsuran sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Tapi kalian juga bisa melakukan prepayment (pembayaran/pelunasan dipercepat), memang akan dikenakan denda prepayment sebesar 5% dari hutang pokok, tapi kalian harus tanyakan berapa besar potongan pembayaran yang diperoleh. Dan jika lembaga pembiayaan itu memang baik pasti bisa menyerahkan BPKB kapan saja pada saat kalian melakukan pelunasan. 
  12. Bagaimana jika kalian melakukan keterlambatan dalam pembayaran yang cukup lama? Tanyakan berapa lama masa yang diberikan yang bisa ditolerir dengan tidak diberikan denda jika kalian melakukan keterlambatan dalam pembayaran. Jika kalian tidak bisa melakukan pembayaran dalam masa yang bisa ditolerir tersebut, apakah kalian bisa mendapatkan waktu atau istilahnya JB (janji bayar) agar unit kendaraan kalian tidak ditarik. Jangan sepelekan masalah JB tersebut, jangan salahkan pihak collector jika mereka menarik unit kendaraan kalian karna kalian tidak menepati masa JB tersebut. Dan jika kendaraan kalian ditarik tanyakan berapa lama waktu yang diberikan untuk bisa menebusnya kembali sebelum motor tersebut di lelang emoticon-Takut 
  13. Apa itu FIDUSIA? Singkatnya Fidusia adalah pengalihan hak kepemilikan suatu benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan bahwa benda yang hak kepemilikannya dialihkan tersebut tetap dalam penguasaan pemilik benda. Sedangkan jaminan fidusia adalah hak-hak jaminan atas benda bergerak, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, dan benda tidak bergerak. Jadi dalam hal ini motor kalian di fidusiakan oleh pihak lembaga pembiayaan. Maka walo nama kalian tertulis di STNK dan di BPKB sebagai pemilik kendaraan, tetapi selama kalian belum melunasi hutang-hutang kalian. Maka motor tersebut masih dianggap milik lembaga pembiayaan tersebut. Tiap lembaga pembiayaan pastinya akan mendaftarkan jaminan fidusia tersebut ke notaris sehingga ini bersifat legal. Soo jangan kalian kira sejak fidusia diberlakukan maka pihak collector tidak bisa dengan mudah menarik motor kalian jika kalian mangkir dari kewajiban membayar hutang. Malah yang ada teknis penarikannya sudah dianggap legal dan pihak collector akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menarik motor kalian, collector yang menarik dan polisi yang mangamankan prosesnya.. dan jika kalian menolak dan berusaha menggagalkan proses penarikan tersebut, hati-hati kalian akan di PIDANA

CATATAN KAKI hal diatas adalah hal yang mesti diperhatikan untuk memastikan bahwa kalian gak rugi keluar duit terlalu banyak karena terkecoh besar cicilan yang menarik. Tapi bukan itu saja yang mesti kalian pikirkan.
Jangan lupakan juga: Proses Cepat Gak Selamanya Baik. Bukan berarti yang prosesnya cepat selalu jelek, tapi jangan lah juga termakan iming-iming proses pencairan kredit yang cepat.
Pastikan kalian sudah pertimbangkan 4 hal yang ane sebutkan di atas, beserta juga fasilitas dan hak-hak yang kalian dapatkan. (Kayak, udah ada jaminan fidusia atau belum)
Tapi sebelum kredit renungkan dulu ya. Gak maksa sih. Cuma kalo gak mau rugi ya mesti teliti. Kredit motor gak seharusnya semudah membeli kacang goreng. Ya gak?

Semoga informasi ini mencerahkan kalian-kaliani

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar
close